Selamat Jalan Eyang Habibie (Mr. Crack dari Pare-pare)


Presiden ketiga Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) petang. Mr Crack adalah salah satu sebutan penghormatan internasional untuk dirinya.

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa dikenal B. J. Habibie. Presiden Indonesia ke-3 ini yang sangat humble dengan rakyatnya. Sosok orang yang romantis dan gigih untuk meraih cita-citanya. Tak kenal lelah belajar demi mencari ilmu guna masa depan yang ia cita-citakan.

B. J Habibie dikenal sebagai Mr. Crack asal Indonesia. Istilah Mr Crack atau julukan beliau didapat Habibie karena kontribusi besarnya bagi teknologi pesawat terbang global. Namanya pun melekat menjadi nama teorema di bidang termodinamika.

Temuan ini juga yang menegaskan julukan Habibie sebagai Mr Crack. Di industri pembuatan pesawat terbang, teori Habibie dikenal sebagai Crack Propagation Theory.

Sebuah teori tentang solusi untuk mendeteksi rambatan kerusakan konstruksi pada badan pesawat. Keahliannya menghitung crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang memunculkan julukan BJ Habibie yang lain yakni Mr. Crack.

Walhasil, B. J. Habibie berkontribusi meringankan bobot pesawat kosong (tanpa berat penumpang dan bahan bakar) hingga 10 persen dari sebelumnya. Angka penurunan ini bisa mencapai 25 persen setelah material komposit disusupkan ke dalam tubuh pesawat.

Berkat teori yang ia temukannya pada usia 32 tahun itu, risiko kecelakaan pesawat pun bisa ditekan. Selain itu pesawat bisa bermanuver lebih aman karena tak perlu lagi menambahkan beban konstruksi sebagaimana yang dilakukan sebelum teori ini ditemukan.
Lebih baru Lebih lama